adityabowie
Ford Foundation, sebuah lembaga nirlaba yang mengabdi untuk perdamaian dunia dan kesejahteraan umat manusia, telah meluncurkan International Fellowships Program (IFP).

Secara garis besar, tujuan-tujuan Ford Foundation adalah memperkuat nilai-nilai demokratis, mengurangi kemiskinan dan ketidakadilan, mendukung kerjasama internasional, dan meningkatkan karya manusia.

Tujuan IFP adalah membantu individu yang memiliki potensi kepemimpinan dan berkomitmen untuk membantu kelompok masyarakat yang kurang memiliki akses dan/atau berasal dari kelompok tersebut. Individu-individu tersebut diberi kesempatan untuk melanjutkan studi di program pascasarjana.

Di Indonesia, IFP dikelola oleh IIEF (The Indonesian International Education Foundation), sebuah lembaga pendidikan nirlaba yang bergerak di bidang pengembangan dan pertukaran pendidikan serta pelatihan, yang bertujuan menumbuhkan rasa saling pengertian antarbangsa.

Sebelum memulai studi, apabila diperlukan, penerima beasiswa akan memperoleh orientasi dan persiapan studi, misalnya kursus bahasa dan komputer. sesuai dengan kebutuhannya.

Siapa saja yang Memenuhi Syarat untuk Memperoleh Beasiswa IFP di Indonesia

IFP menyediakan bantuan untuk studi pascasarjana (Master atau Doktoral) bagi anggota masyarakat yang kurang memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi, antara lain penduduk yang tinggal di daerah terpencil, masyarakat adat, masyarakat terpinggirkan, atau masyarakat yang berada di daerah konflik/pascakonflik.

Pelamar harus memiliki kewarganegaraan Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia. Persyaratan lainnya yang harus dipenuhi pelamar, yaitu:

1. Telah menyelesaikan program studi Sarjana/S1 dengan prestasi yang sangat baik,
2. Berperan aktif dalam masyarakat atau komunitasnya,
3. Memiliki rencana kerja untuk menerapkan apa yang akan dipelajarinya sesuai dengan tujuan-tujuan Ford Foundation, dan
4. Memiliki komitmen untuk melaksanakan rencana kerja itu setelah menyelesaikan masa studinya.

Proses Pendaftaran

Semua berkas pendaftaran harus diserahkan ke IIEF untuk kemudian diperiksa dan dinilai oleh panel seleksi nasional dan daerah yang para anggotanya terdiri dari para pakar dan praktisi di berbagai bidang akademik.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi untuk Indonesia

IIEF menerima pendaftaran untuk beasiswa IFP sepanjang tahun. Formulir Pra Pendaftaran paling lambat harus diterima pada setiap tanggal 1 Agustus (cap pos).

Pelamar yang lulus ke tahap seleksi pendaftaran akan diberikan formulir pendaftaran lengkap. Pemberitahuan akan diumumkan pada tanggal 30 September.

Seleksi uji kemampuan bahasa pada bulan Februari dan wawancara akan diadakan antara bulan April.

Penerima beasiswa akan diumumkan sekitar bulan Agustus.

Penerima beasiswa akan mulai menempuh program studinya pada tahun akademik berikutnya.

Formulir prapendaftaran yang diterima setelah 1 Agustus (cap pos) akan diproses untuk periode seleksi berikutnya.

Informasi lebih lanjut harap hubungi:
The Indonesian International Education Foundation (IIEF)
Menara Imperium Lt. 28 Suite B, Jalan H. R. Rasuna Said Kav. 1, Jakarta 12980
Call this phone number in Indonesia with Skype: +62218317330

Kategori (Labels) | edit post
0 Responses

Post a Comment