adityabowie
Mobil E-Miev (Foto: Suhendra/detikcom)
Jakarta - Perusahaan raksasa multi bisnis asal Jepang Mitsubishi Corporation ingin menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk mengembangkan mobil hemat energi. Komitmen investasi Mitsubishi di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan termasuk di sektor otomotif dan minyak-gas.
Hal ini disampaikan oleh Menteri Perindustrian Fahmi Idris di kediamannya di Widya Chandra, Jakarta, Senin malam (22/9/2008).
Fahmi mengatakan, rencana tersebut disampaikan oleh kunjungan delegasi Mitsubishi saat menemui Presiden SBY Senin kemarin. Namun ia tidak merinci lebih lanjut terhadap niatan pihak Mitsubishi tersebut soal kapan realisasinya dan berapa investasi yang akan dikeluarkannya.

"Yang disampaikan ke Pak Presiden tadi, bahwa dia (Mitsubishi) mau mengembangkan jenis-jenis produk otomotif hemat energi, itu yang dia akan kembangkan," jelas Fahmi.

Dikatakan Fahmi, saat berkunjung ke Jepang pada tahun 2006, Presiden SBY sudah bertemu dengan pihak Mitsubishi. Perusahaan asal Jepang tersebut menyampaikan bahwa mereka telah berinvestasi senilai US$ 4 miliar di Indonesia pada tahun 2005.

"Waktu itu Presiden mengatakan bisa tidak kalian meningkatkan investasi di Indonesia ? Tadi presiden direkturnya mengatakan investasi nya per 2008 sudah mencapai US$ 13 miliar lebih. Dia juga tidak merinci dari US$ 13 miliar total itu, tapi pasti ada yang ke otomotif," ujarnya.

Fahmi mencontohkan, kinerja bidang otomotif Mitsubishi menunjukan tanda-tanda positif sejak tahun 2007 lalu yaitu mampu menjual 60.000 unit mobil dan tahun 2008 ditaksir mampu menjual diangka 150.000 unit.

"Dia mempekerjakan 200.000 pekerja, dia bilang konsekuensinya akan meningkat juga, nantinya," tambahnya.

Sebagaimana diketahui selama ini Mitsubishi cukup fokus melakukan terobosan dengan membuat berbagai model mobil konsep bertenaga listrik hemat energi dan ramah lingkungan diantaranya mobil E-Miev yang mampu berlari mencapai 60 Km lebih setelah disetrum selama kurang dari 5 jam.

sumber :

http://www.detikfinance.com/read/2008/09/23/100426/1010797/4/mitsubishi-incar-indonesia-jadi-basis-produksi-mobil-hemat-energi
Kategori (Labels) | edit post
0 Responses

Post a Comment