adityabowie
RILEKS - Michael Arrington, pendiri blog teknologi berpengaruh TechCrunch, akan mewujudkan gagasan yang selama ini sudah ia bicarakan. Yaitu sebuah tablet layar sentuh (touch screen) bagi peselancar Internet.

Business Times San Francisco melaporkan bahwa Arrington telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan bernama CrunchPad. Arrington menuturkan akan menggelar sebuah event akhir Juli mendatang atau awal Agustus untuk memamerkan produk tersebut. Diperkirakan, tablet layar sentuh itu segera dipasarkan.

Arrington mantan seorang lawyer yang menjadi blogger, tidak menjelaskan mengenai produsen hardware untuk tablet layar sentuhnya. "Saya hanya menginginkan itu, dan yang akan membuat ini bukanlah orang lain ," katanya.

Kegunaan CrunchPad sangat sederhana, berselancar di Internet. Begitu menyala, langsung muncul sebuah aplikasi browser. "Kegunaannya tidak lebih dari sebuah piranti untuk konsumsi Internet" untuk membaca, melihat e-mail atau menonton video", kata Arrington.

Perangkat itu tidak dilengkapi dengan hard drive atau keyboard, meski pengguna dapat menghubungkannya dengan keyboard jika memerlukannya. Ia mengatakan, perangkat itu akan dipasarkan sekitar 300 dolar AS atau sekitar Rp3,2 jutaan.

CrunchPad akan dibuat setebal 16 milimeter dengan layar 12 inchi, berbungkus bahan aluminium, dan dilapisi dengan beberapa warna berbeda. CrunchPad akan dijalankan dengan prosesor Intel Atom dan dapat membaca flash, yang tidak bisa dilakukan Apple iPhone.

CrunchPad bakal berbeda dari netbooks, laptop mini yang dibuat Acer, Asustek, dan Dell. Kebanyakan laptop mini itu memiliki keyboard kecil dan digunakan tidak sekedar untuk browser, sebab dilengkapi pula dengan Microsoft Word.

Menurut Arrington, touch screen rancangannya itu juga berbeda dengan komputer tablet yang kabarnya akan dibuat Apple. Arrington berspekulasi bahwa komputer tablet Apple yang akan menjalankan aplikasi iPhone, kemungkinan berharga 500 hingga 1.000 dolar. "Saya akan beli (CrunchPad) tiga dengan uang sebesar itu, terdengar menakutkan," katanya.

Proyek Arrington dimulai sejak setahun lalu, ketika ia menulis jawaban atas sebuah permintaan pembaca untuk membuat "Web tablet sangat simpel". Itu merupakan jawaban dari permintaan pembaca. Lalu dibentuklah tim internal yakni "Mike's science project", dan Arrington telah menghabiskan dua pertiga waktunya untuk mengerjakan proyek tersebut.(rol/yon/foto:techcrunch)

Kategori (Labels) | edit post
0 Responses

Post a Comment