adityabowie
RILEKS - Sebanyak 13 anggota paduan suara Elfa Choir yang mengikuti kejuaraan Asian Choir Games di Changwon, Korea Selatan, dinyatakan positif terjangkit flu babi kemarin. Pejabat Korea Centers for Disease Control and Management mengatakan pihaknya masih memeriksa 34 anggota tim Elfa lainnya yang mengalami gejala flu itu.

Inilah konfirmasi serangan flu babi terbesar dalam sehari di Korea Selatan. Sejauh ini, Negeri Ginseng itu melaporkan 394 kasus positif flu babi--80 pasien masih dirawat di rumah sakit.

Akibat wabah H1N1 ini, perhelatan "World Choir Festival", yang dimulai Rabu lalu dan diikuti lebih dari 1.500 peserta, dihentikan pada Jumat. Kantor berita Reuters menyatakan kemarin, penyelenggara langsung menyiapkan kepulangan mereka. Hari ini diperkirakan 404 peserta asal Cina dan hampir 300 peserta Indonesia akan diterbangkan dari ibu kota Provinsi Gyeongsang Selatan itu. Sisa peserta rencananya pulang pada Senin besok.

Duta Besar Indonesia untuk Korea, Nicholas Tandi Dammen, mengatakan, dari 366 peserta yang terbagi dalam sembilan grup itu, 83 orang di antaranya sudah dinyatakan bersih H1N1. "Mereka ini tidak satu penginapan dengan 13 anggota Elfa Choir yang sakit. Di antara mereka grup dari Yogyakarta," ujarnya.

Sebanyak 32 orang di antaranya--yang seharusnya pulang pada 17 Juli--bisa segera pulang Ahad ini. "Yang 51 harus menunggu lampu hijau dari Korean Air untuk pulang dengan Garuda," ujar Dammen. Menurut Dammen, Garuda setuju menyiapkan pesawat khusus guna mengangkut 83 orang tersebut. "Meskipun dinyatakan bebas H1N1, tetap harus kami pisahkan dari penumpang lainnya," katanya.

Anggota Elfa's Singers, Lita Zein, menduga ke-13 anggota paduan suara Elfa itu terinfeksi virus H1N1 di pesawat Korean Air. Menurut dia, mereka termasuk 60 anggota Elfa Choir rombongan pertama, yang berangkat pada 7 Juli.

Lita mengatakan penerbangan rombongan pertama itu menggunakan dua maskapai: Garuda Indonesia dan Korean Air. "Nah, mereka yang terkena virus H1N1 itu semuanya menggunakan Korean Air," kata Lita kemarin. "Dan tidak ada satu pun peserta yang berangkat dengan Garuda yang terkena virus," dia menambahkan.

Tapi sejauh ini tak ada laporan tentang penumpang Korean Air yang sepesawat dengan ke-13 anggota Elfa Choir yang jatuh sakit karena terinfeksi H1N1. Pihak Korean Air hingga berita ini diturunkan belum dapat dimintai konfirmasi soal itu.

Menurut Lita, ke-13 orang tersebut mulai menunjukkan gejala terinfeksi H1N1 pada 9 Juli, sehari setelah mereka merebut medali emas untuk kategori etnik di kejuaraan bergengsi itu. "Banyak rombongan yang mengeluh demam tinggi, dan suhu tubuh hingga di atas 37 derajat Celsius," ujar Lita. Dokter setempat langsung mengisolasi mereka di Rumah Sakit National Hospital, Kyonggi. "Dari situ mereka dinyatakan positif terkena flu babi," kata Lita.

Akibat wabah flu babi itu, keberangkatan 17 penyanyi Elfa's Singers untuk mengikuti The World Choir Championship 2009 dibatalkan. Rencananya, Elfa's Singer, yang merupakan penyanyi dewasa papan atas Indonesia, berangkat pada Sabtu (kemarin).

Eko B. Supriyanto, ayah Luanada Belacita, anggota Elfa Choir yang positif terjangkit virus flu babi, berharap pemerintah Indonesia mengupayakan kepulangan putrinya. Semula, Luanada, 13 tahun, direncanakan kembali ke Tanah Air pada hari ini.

Menurut Pemimpin Redaksi Majalah InfoBank ini, dia sudah merasa sedikit lega. Pasalnya, dari hubungan telepon dan pesan bergambar, "Luanada mengaku kesehatannya telah membaik," ujarnya kemarin.

Kategori (Labels) , | edit post
0 Responses

Post a Comment