adityabowie
Sistem operasi ternama di dunia, Windows, kini tengah was-was menghadapi kehandalan dari system operasi lainnya, yakni Linux. Meski masih menjadi system operasi pertama di dunia, Microsoft tetap merasa tersaingi dengan kehadiran opern source itu. Ketakutan ini terungkap dalam laporan tahunannya kepada kepada Security and Exchange Commission. Untuk pertama kalinya Microsoft memasukkan Canonical pembesut Ubuntu dan Red Hat yang merupakan distributor Linux sebagai kompetitor untuk divisi Client, pembuat Windows.

Dalam laporan tersebut, selain Linux, Microsoft juga menyebut Apple sebagai ancaman lainnya. Dalam laporan tersebut, terdapat pernyataan yang menyebutkan,”Client menghadapi persaingan sengit dari perusahaan yang memiliki pendekatan yang berbeda di pasar PC. Software pesaing tersebut misalnya varian Unix yang diusung
kompetitor seperti Apple, Canonical, dan Red Hat. Apple melakukan gebrakan di dunia PC dan meraih pasar, khususnya di AS dan segmen consumer. Sementara Linux
yang merupakan turunan dari Unix juga berhasil menyedot perhatian, sehingga memaksa OEM untuk menurunkan harga. Rekanan seperti HP dan Intel juga mengembangkan kerjasama dengan OS berbasis Linux.”

Selain dalam system operasi, Microsoft juga merasa tersaingi dengan kehadriran browser-browaser baru seperti Google, Apple, Opera, dan tentu saja Mozilla. (sab/foto: blog)
Kategori (Labels) , | edit post
0 Responses

Post a Comment