adityabowie
Sebuah situs Australia memberikan fasilitas berkiriman pesan singkat ke galaksi sehingga memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan ke luar angkasa.

Mulai dari hari rabu kemarin hingga 24 Agustus, masyarakat bisa mengunjungi www.HelloFromEarth.net untuk mengirimkan pesan tidak lebih dari 160 karakter yang akan ditransmisikan ke Gliese 581, planet di luar sistem tata surya yang dekat dengan planet bumi yang memungkinkan adanya kehidupan.

Perkiraan waktu sampainya pesan kira-kira mencapai 20 tahun. Situs tersebut juga menyebutkan bahwa tidak ada jaminan akan adanya respon dari luar sana.

”Ini seperti ‘pesan dalam botol’ yang dilemparkan ke bintang. Yang menarik adalah bukan hanya masalah apakah akan ada orang yang mendengarkan, tetapi apa yang publik nilai dari kehidupan intelektual di planet lain,” ujar juru bicara proyek, Wilson da Silva.

“Hello From Earth cara kita menunjukkan bahwa pengetahuan dalam membuat segalanya menjadi mungkin. Kita sudah pernah ke bulan, dan sekarang kita bisa berkomunikasi dengan bintang,” ujarnya.

Pesan ini nantinya akan ditransmisikan dari Canberra Deep Space Communication Complex bekerja sama dengan NASA. Hal ini merupakan bagian dari Australia's National Science Week yang merayakan penghargaan negara akan ilmu pengetahuan.

Menteri Ilmu Pengetahuan Kim Carr lah yang mengirimkan pesan pertama ke luar angkasa sebagai penanda dimulainya proyek ini.

“Hello from Australia berasal dari planet yang kita sebut dengan bumi. Pesan-pesan ini menunjukkan impian masyarakat kita di

masa yang mendatang. Kami ingin berbagi mimpi untuk dengan semua,” Carr menulisakan dalam pesannya tersebut. (sab/foto: cnn)

sumber : rileks.com
Kategori (Labels) , | edit post
0 Responses

Post a Comment